Jumat, 10 Mei 2019

Virtual Coordinator Batch 4


VIRTUAL COORDINATOR

BATCH 4 

Peningkatan

Kompetensi Abad 21

Melalui Virtual Assisstance


1. LATAR BELAKANG

Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta pendidikan.

Tantangan terbesar Indonesia dalam menghadapi Industri 4.0 adalah kesenjangan digital yang masih tinggi akibat minimnya pengetahuan sumber daya manusia dalam mengoptimalkan teknologi digital dan infrastruktur. Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan di lingkungan pendidikan agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global. Langkah-langkah strategis yang perlu dipersiapkan para pengambil keputusan dalam mengantisipasi perubahan dunia yang kini telah dikuasai perangkat digital.

Ada lima elemen penting yang harus menjadi perhatian dan akan dilaksanakan oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0, yaitu:

Persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif seperti penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal data Information Technology (IT), Operational Technology (OT), Internet of Things (IoT), dan Big Data Analitic, untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan terampil terutama dalam aspek technological literacy dan human literacy.
Rekonstruksi kebijakan kelembagaan pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap revolusi industri 4.0 dalam mengembangkan transdisiplin ilmu dan program studi yang dibutuhkan. Selain itu, mulai diupayakannya program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), sehingga mengurangi intensitas pertemuan guru dan siswa. PJJ ini nantinya diharapkan menjadi solusi bagi anak bangsa di pelosok daerah untuk menjangkau pendidikan yang berkualitas.
Persiapan sumber daya manusia khususnya guru yang responsive, adaptif dan handal untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu, peremajaan sarana prasarana dan pembangunan infrastruktur pendidikan dan inovasi juga perlu dilakukan untuk menopang kualitas pendidikan dan inovasi.
Terobosan dalam inovasi dan pengembangan yang mendukung Revolusi Industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan oleh P4TK dan LPMP.
Terobosan inovasi dan perkuatan sistem inovasi untuk meningkatkan produktivitas industri dan meningkatkan perusahaan pemula berbasis teknologi.
Kemajuan suatu negara untuk mengejar ketertinggalan sangat tergantung pada tiga faktor yakni pendidikan, kualitas institusi dan kesediaan infrastruktur. Terkait ‘disruptive technology’, dunia pendidikan menjadi garis depan di era digital. Pendidikan di Indonesia harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pendidikan di Indonesia juga harus mampu merespon kebutuhan masyarakat yang saat ini sudah banyak melakukan kegiatan pembelajaran secara online, sehingga lembaga institusi tidak ditinggalkan atau harus tutup. Dunia cepat berubah, kita harus mampu cepat adaptif dengan tetap menjaga karakter Indonesia,

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dibutuhkan pemanfaatan  ICT modern dengan mengakomodir jumlah peserta yang masif, dan efisiensi ekonomi dalam pelaksanaannya,”.   Dalam rangka mempercepat arus pemanfaatan ICT modern itu diperlukan virtual assistance atau asisten virtual yang dapat menyelenggarakan pelatihan online, khususnya melalui platform WebEx. Dengan virtual assistance atau asisten virtual diharapkan diseminasi informasi dari pusat dapat cepat sampai di daerah atau dapat mudah berbagi praktik terbaik yang menjadi bagian dari pelatihan online dalam bentuk program pelatihan. Job desk dari seorang virtual assistance mencakup promosi, pendaftaran, sesi hosting atau moderasi, dan pembuatan sertifikat, sementara narasumber bias dibawakan oleh pakar dari institusi penyelenggara pelatihan yang berkolaborasi dengan lembaga eksternal untuk berbagi pengetahuan dan informasi.

2. TUJUAN

SEAMEO Online Virtual Coordiator Program bertujuan untuk:

Meningkatkan kemampuan guru Indonesia dalam memberikan kursus online; khususnya melalui platform
Memperkenalkan seluruh proses kerja kelas online, serta untuk berbagi praktik terbaik bagian dari pelatihan online dalam bentuk program.

3. TEMPAT DAN WAKTU

Pelatihan berlangsung secara tentatif dengan perkiraan waktu 2 bulan. Sesi kegiatan berlangsung dalam jaringan melalui video conference dengan platform webex, diawali tatap muka 1x untuk mekanisme dan teknis pelaksanaan

4. PESERTA

Peserta kegiatan ini terdiri dari guru dan praktisi pendidikan di Indonesia yang berpartisipasi dalam program ini.

5. KONTEN WORKSHOP (Kegiatan Offline)

Workshop disampaikan dalam Bahasa Indonesia dengan cakupan berikut:

Pengantar pelatihan dari penyelenggara
Penggunaan platform Konferensi Video berbasis Webex secara online (WebEx) dalam pelatihan.
Seluruh proses kerja dan praktik dalam melakukan dan menyelenggarakan sesi online. Topik pelatihan difokuskan pada ketrampilan mengelola pelatihan online.
Rincian proses kegiatan daring secara singkat sebagai berikut:

Promosi: Teknik mempromosikan kegiatan melalui persiapan material (Flyer digital berisi pengumuman kegiatan dan detil narasi kegiatan), pendaftaran online dan mengkreasi room.
Implementasi: Materi yang dibutuhkan, teknik membuka room webex, teknik mengelola webex, Penyediaan narasumber dan menjadi narasumber, menjadi host dan menjadi moderator sesi dalam jaringan serta presensi kegiatan online.
Dokumentasi : Teknik merekam kegiatan, teknik mengupload ke youtube dan share ke sosial media.
Peserta yang memenuhi kualifikasi dan kelayakan akan berhak menerima Sertifikat sebagai Virtual Coordinator’s Training.

6. HASIL YANG DIHARAPKAN

Pada akhir kegiatan Workshop, peserta  diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :

Seorang virtual coordinator harus memiliki kecakapan dalam mengelola pelatihan atau pembelajaran berbasis dunia maya menggunakan platform video conference. Merancang dari awal kegiatan hingga publikasi ke sosial media. Karena itu, inilah kecakapan minimal yang harus dimiliki oleh VC Indonesia :

     A. Persiapan Kegiatan:

Membuat flyer / poster digital untuk mengajak dunia luar bergabung. Tool yang dapat digunakan dalam membuat flyer digital sangatlah banyak, diantaranya Photoshop, Coreldraw, Canva, berbasis online seperti postermywall.com, bahkan bisa menggunakan aplikasi familiar seperti Ms. Word dan Powerpoint.
Untuk mendukung flyer yang telah dibuat, VC harus punya kecakapan menulis narasi kegiatan, berisi pengetahuan awal tentang hal yang akan disampaikan, jadwal kegiatan serta informasi link platform video conference, room number dan password
Jika kegiatannya terbatas pada kalangan tertentu, VC harus punya kecakapan melakukan rekrutmen secara online melalui google form, microsoft form atau zoho forms dan sebagainya

     B. Implementasi kegiatan

Melakukan kegiatan melalui video conference. Banyak platform yang dapat digunakan, seperti google hangouts, skype for bussiness, zoom. Namun Webex memiliki kekuatan gambar dan video yang stabil. Dengan webex dapat dibuat room pertemuan secara mandiri.
Membuat presensi kegiatan online sebagai dokumentasi peserta yang mengikuti kegiatan. Presensi dapat dibuat menggunakan google form atau microsoft form, namun jika ingin presensi yang bisa ditandatangani, zoho forms bisa dijadikan pilihan.
Untuk menshare form dengan link yang panjang, sebelumnya link tersebut diringkas terlebih dahulu, agar pemirsa bisa mengetik ulang. Link ringkas dibuat sesederhana mungkin dengan nama unik, menghindari menggunakan huruf kapital dan huruf kecil, karena link tersebut diketik ulang
Tutorial membuat link singkat gg.gg/link-ringkas atau bit.ly/edit_link

VC memiliki kecakapan menjadi moderator, host dan narasumber secara virtual melalui video conference

     C. Dokumentasi kegiatan

Kegiatan yang dilakukan harus didokumentasikan sebagai jejak digital edukasi 4.0. Karena itu VC harus punya kemampuan merekam layar kegiatan berlangsung. Dapat melalui tablet dengan menggunakan diantaranya DU Recorder atau V-Recorder atau di Laptop dengan menggunakan misalnya Camtasia, Screencast o Matic atau Faststone.
Tutorial Faststone gg.gg/faststone-tutorial atau bit.ly/Perekam-Layar-Fastston-Capture

Tutorial Camtasia gg.gg/camtasia-tutorial

Rekaman kegiatan tersebut diupload ke youtube agar dapat disimpan dan dipelajari kembali oleh pemirsa vicon
Tutorial upload video ke youtube gg.gg/upload-youtube.

7. PERSYARATAN PESERTA

Peserta kegiatan yang direkomendasikan memenuhi syarat sebagai berikut:

Pendidik yang mempersiapkan sebuah topik yang akan dibagi untuk pengetahuan bagi peserta lain yang terstruktur dalam suatu program. (Mensharekan kemampuan/ilmu pengetahuan yang kita miliki melalui Video Conference)
Semua peserta diharuskan menggunakan laptop atau tablet/HP Android.
Semua peserta harus memiliki kemampuan komputer terutama berinternet.

8. PEDOMAN

Peserta
Guru dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/K, SLB atau sederajat, perguruan tinggi atau masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap Virtual Coordinator
Memiliki kemampuan dasar komputer (Ms. Office)
Memiliki jaringan internet yang memadai
Melakukan pendaftaran secara online
Memiliki nomor Whatsapp yang aktif
Memiliki komitmen tinggi untuk mengikuti pelatihan
Hak dan Kewajiban Peserta:

Hak Peserta:

Mendapatkan sertifikat sebagai Virtual Coordinator Training jika menjadi Narasumber, Host, dan Moderator sebanyak 2 kali untuk masing-masing penugasan
Mendapat sertifikat sebagai Peserta VCT jika hanya mengikuti video conference sebanyak minimal 6 kali dan mengirimkan resumenya

Kewajiban Peserta:

Menjadi Narasumber sebanyak 2 kali dengan materi bebas (yang paling dikuasai) dibuktikan dengan presesnsi sebagai narasumber
Menjadi Host sebanyak 2 kali dibuktikan dengan presensi sebagai host
Menjadi Moderator sebanyak 2 kali dibuktikan dengan presensi sebagai moderator
Membuat Flyer
Membuat Narasi
Membuat Daftar Hadir Online
Membuat Rekaman Vicon
Mengunggah Rekaman Vicon ke akun youtube masing-masing
Menjadi Peserta sebanyak minimal 6 kali
Mengumpulkan resume

Instruktur:



Persyaratan Umum :

Memiliki Sertifikat VCT yang masih berlaku
Menguasai google contacts utk add kontak peserta ke grup WA
Menguasai cara membuat akun webex free
Menguasai fitur2 webex dr HP maupun Laptop
Menguasai minimal satu aplikasi pembuatan flyer dan formulir online
Menguasai minimal satu aplikasi rekam layar baik di hp maupun Laptop
Mampu mengarahkan peserta dalam hal publikasi tugas, baik ke YouTube maupun ke kantong tugas nantinya.

Persyaratan Khusus :

Sabar, sopan, santun, dan semangat
Bisa berbagi waktu ke grup WA peserta dan instruktur serta mengetahui settingan WA grup
Bekerja sebagai teamwork
Mendapat rekomendasi dari PJ Wilayah

Kode Etik Instruktur

Tidak menggurui peserta, namun memfasilitasi peserta
Berkomunikasi dengan bahasa santun, ramah dan menjawab pertanyaan peserta dengan sabar
Memahami karakteristik peserta sebagai pendidik yang pantas diperlakukan mulia
Menjaga sikap termasuk dalam candaan
Dilarang keras share informasi berbau SARA, politik atau pornografi
Memberikan nama wa dengan nama asli
Tidak men-share informasi apa pun tanpa ijin team koordinator
Masuk webex dengan nama asli
Dilarang membuatkan tugas peserta

Tugas instruktur:

Memasukkan peserta ke dalam grup wa
Mendampingi peserta selama pelatihan dengan ikhlas
Memonitor keaktifan peserta
Membimbing penugasan peserta
Membuat tabulasi penugasan peserta
Memastikan peserta yang ikut kegiatan adalah mereka yang mendaftar secara online melalui sistem resmi
Merekap progress peserta (Menguji/mengamati dan mengumpulkan bukti-bukti serta membuat catatan-catatan kemajuan pelatihan)

Sanksi Jika tidak menjalankan tugas

Tidak dapat sertifikat instruktur Batch 4
Dikeluarkan dari grup instruktur

Indikator tidak melaksanakan tugas:

Tidak mendampingi peserta
Tidak aktif dalam VC lebih dari 2 hari
Tidak meluluskan minimal 5 peserta
Tidak bisa bekerjasama dengan tim


Jadwal Kegiatan
Hari Pertama : Pendahuluan dan Promosi Kegiatan 
Hari Kedua : Implementasi Kegiatan
Hari Ketiga : Dokumentasi Kegiatan


ALUR PROSES

SEAMEO LECTURE SERIES AND ONLINE TRAINING PROGRAMMES


GARIS KOMANDO


Silahkan simak Video berikut:
http://bit.ly/VCT-Batch4-Jateng-DIY
Link Pendaftaran Peserta: http://bit.ly/daftar-vct4
Contoh E-Sertifikat yang sudah di akui oleh Kemendikbud:
Sertifikat Instruktur:

Sertifikat Peserta:

Sumber:
https://www.google.co.id/amp/s/krisantusardy.wordpress.com/2019/04/25/guide-line-vct-batch-4/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penilaian Akhir Tahun - Bahasa Indonesia Kls 4

PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS 4 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia        Nama            ...